nyimpan-nyimpan info, biar gak susah nyari lagi,, hehehehe... ^^

10 Agustus 2012

Memotong Citra Menggunakan ArcView berdasarkan wilayah administrasi


Normalnya, tampilan citra kadang tidak sesuai dengan daerah/lokasi yang Kita kaji. Misalnya saja, Saya ingin melakukan penelitian di daerah administrasi Kabupaten AAA. Tentu saja, Saya sudah memiliki shapefile Kab. AAA. Hanya saja, citra yang Saya gunakan meliputi juga daerah di luar AAA, sementara Saya bermaksud menampilkan citra yang berada dalam lokasi administrasi Kab. AAA saja. Apa yang harus Saya lakukan? Tentu saja, potong citranya!


Berikut cara memotong citra sesuai dengan bentuk lokasi administrasi suatu wilayah.

Tampilkan shapefile yang akan digunakan untuk memotong, misalnya saja shapefile untuk kabupaten AAA, dengan nama aaa.shp

Tampilkan citra (image) yang akan dipotong, dan memiliki lokasi geografis yang juga mencakup lokasi geografis dari shapefile yang akan digunakan untuk memotong citra itu sendiri. Selanjutnya, aktifkan ekstensi Image Analysis.

Pilih layer pada citra (image) yang digunakan, lalu dari menu Image Analysis > Properties. Cara ‘memilih’ citra dilakukan dengan menge-klik sekali pada layer citra untuk menjadikan layer tersebut sebagai layer aktif.

Pada opsi Analysis Extent, pilih Intersection. Opsi interseksi ini digunakan karena teknik yang akan dipakai berupa teknik memotong.

Pada opsi Analysis Mask, pilih shapefile yang akan dipakai untuk memotong, dalam contoh ini yaitu aaa.shp. Klik OK.

Masih pada layer citra yang dipilih, dari menu Image Analysis, pilih Subset.

Pada opsi Select Band, bisa dipilih semua, atau isikan sesuai band yang diinginkan saja untuk dipotong
Simpan subset dengan format imagine ataupun TIFF, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Yang perlu diingat, teknik memotong citra dengan ArcView ini pada dasarnya tidak benar-benar memotong citra, hanya saja, teknik ini ‘menghilangkan’ kenampakan di luar areal yang di-masking dengan menggunakan file mask berupa shapefile (dalam kasus ini yaitu aaa.shp), sehingga ukuran citranya tetap besar.

referensi: bloginderaja