nyimpan-nyimpan info, biar gak susah nyari lagi,, hehehehe... ^^

5 Februari 2014

Cara setting teks bahasa arab windows 7 seven

Bagi kamu pengguna windows seven, ikuti panduan cara Setting Menulis Bahasa Arab Microsoft Word pada Windows 7 Seven di bawah ini.



1.  Kita awali dengan klik tombol start, kemudian klik tombol Control Panel.
masuk menu control panel

2.  Setelah jendela control panel tampil seperti gambar di bawah ini, klik pada Change Keyboard or Other input methods
jendela control panel
3.  Setelah tampil jendela Regional and language, klik Tab (1) Format,  kemudian pada bagian format pilih format bahasa (2) Arabic (saudi arabia) , kemudian klik tombol (3) Apply, lalu klik tombol (4) OK
jendela regional and language
4.   Setelah bagian bahasa di setting ke bahasa arab, silahkan buka microsoft word, (pada contoh di sini yang digunakan microsoft word 2007, bagi yang menggunakan versi di bawahnya seperti microsoft word 2003 silahkan dicoba).  Untuk memulai menggunakan teks bahasa arab, klik icon Text Direction kanan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.  Setelah kamu klik text direction kanan, otomatis posisi kursor akan berada di sebelah kanan (karena menulis arab diawali dari sisi kanan), dan teks akan berubah menjadi teks bahasa arab.
icon untuk memulai mengetik dari sisi kanan
Untuk mengetahui tombol  arab nya silahkan dicari sendiri dengan mencoba satu satu tombol keyboard, atau bisa membeli keyboard khusus teks bahasa arab.
hasil mengetik bahasa arab
5.  Jika ingin menulis atau mengetik dengan teks bahasa latin, caranya sederhana. Yaitu tinggal klik saja pada icon Text Direction Kiri. setelah kamu klik, kursor akan berubah di sisi kiri, dan teks akan berubah menjadi teks bahasa latin.
icon untuk mengetik dari sisi kiri


Memberi tanda harokat teks bahasa arab microsoft word

Untuk memberi tanda harokat pada penulisn teks bahasa arab di atas juga bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan kombinasi tombol Shift dan tombol khusus. Tombol khususnya antara lain Q, W, E, R untuk harokat atas  dan A, S untuk tanda harokat bawah. Silahkan lihat pada gambar di bawah ini
gambar tanda harokat teks bahasa arab microsoft word
Perlu diketahui, ketika kamu merubah setting bahasa arab, beberapa teks pada fasilitas windows akan berubah menjadi teks bahasa arab. Misalnya seperti tanggal,  yang ada di sisi kanan taks bar.  Jadi jika ingin kembali ke teks latin sepenuhnya, silahkan atur kembali setting bahasa melalui control panel tadi.
Namun kamu masih bisa merubah ke mode teks bahasa arab dengan cepat melalui  tombol bahasa yang ada di task bar sebelah pojok kanan bawah, tinggal pilih saja bahasa arab, nanti secara otomatis teks akan berubah menjadi bahasa arab. perhatikan gambar di bawah ini
icon menu teks arab di taskbar windows tujuh

Menggunakan keyboard bahasa arab

Seperti yang telah disebutkan di atas Jika ingin lebih mudah, silahkan gunakan keyboard khusus yang ada huruf arab nya. misalnya seperti gambar di bawah ini.
keyboard teks huruf bahasa arab
Jika kamu menggunakan laptop silahkan beli keyboard bahasa arab dengan interface USB, karena umumnya di laptop tidak ada interface untuk PS2. Jika tidak ada yang menjual dengan interface USB jangan kecewa karena yang interface PS2 juga bisa, namun kamu harus membeli adapter PS2 t0 USB. konverter PS2 ke USB seperti gambar di bawah ini
adapter ps2 to usb
Namun jika sedang tidak punya anggaran untuk membeli keyboard teks bahasa arab, silahkan tempel saja keyboard kamu dengan huruf arab satu per satu. Itu merupakan solusi yang paling mudah dan hemat.
Itulah penjelasan bagaimana cara setting Menulis Bahasa Arab Microsoft Word pada Windows 7 Seven. Semoga bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan kamu, dan semoga kamu bisa menulis teks bahasa arab dengan komputer dengan lancar.

sumber: belajar komputermu