nyimpan-nyimpan info, biar gak susah nyari lagi,, hehehehe... ^^

21 Juni 2012

Make Over wajah

  1. Buka software photoshop CS3. Dan di sini saya menggunakan foto yang berformat *.JPEG, setelah itu pilih menu Image > Adjustment > Auto contrast (untuk mengatur tingkat kontras secara otomatis), setelah itu masih di menu image lalu pilih Adjustment (autolevel ini berguna untuk mengatur tingkat total warna gambar secara otomatis dan perhatikan hasilnya.
  2. Langkah berikutnya tekan Ctrl + J untuk menduplikasikan layer pada foto/gambar pada file yang sedang kita edit. Untuk memperhalus rona wajah, saya memilih menu Filter > Distort > Diffuse glow dan ubahlah nilai opacity dengan nilai 40 %.
  3. Selanjutnya klik Add vector mask untuk membentuk layer masking, tekan D untuk me-reset warna set color ke warna default mask. Klik Eraser untuk menghapus gambar foto atur parameternya pada options sesuai dengan kebutuhan, saya memilih tingkat 40 %.
  4. Selanjutnya sapukan mouse secara berulang-ulang pada area-area foto/gambar yang gelap seperti bibir, garis hidung, mata dan alis. Pilih layer background yang asli, klik Blur dan atur parameter pada baris options, sapukan mouse untuk memperhalus kulit wajah dengan nilai strenght makasimal 50 %.
  5. Pilih layer 1, dan tekan Ctrl + E (untuk menggabungkan layer dengan background), selanjutnya klik Rectangular marquee dan bentuk seleksi foto/gambar pada bagian wajah, tekan Ctrl + J (untuk menduplikasi area wajh tersebut ke layer baru).
  6. Pilih menu Filter > Blur > Surface (untuk meratakan dan menghaluaskan permukaan kulit wajah), atur parameternya sesuai kebutuhan. Di sini saya menggunakan Radius bernilai 12, Threshold 12. Jika merasa cukup klik Ok. Ulangi langkah 3 sampai 6 untuk merapikan hasil dari proses filter dan perhatikan hasilnya.
  7. Tekan Ctrl + E (untuk menggabungkan layer dengan background), dan langkah berikutnya klik Rectangular marquee dan bentuk seleksi pada foto/gambar pada bagian bibir. Tekan Ctrl + J (untuk menduplikasi area bibir ke layer tersebut ke layer baru.
  8. Tekan Ctrl + U untuk mengubah warna bibir atau parameternya sesuai kebutuhan dan pilih menu Image > Adjustment > Brightness/Contrast, atur parameter sampai mendapatkan warna yang diinginkan dan klik Ok.
  9. Klik Eraser untuk menghapus gambar/foto, sapukan mouse pada area sekitar bibir, tekan Ctrl + E untuk menggabungkan layer bibir dengan background.
  10. Langkah berikutnya klik Tombol Polygonal Lasso dan seleksi area hidung dan dagu. Sebenarnya dalam menyeleksi dapat menggunakan Tool Pen, bila anda terbiasa menggunakan Tool Pen, boleh saja tergantung kebiasaan anda, tetapi saya di sini menggunakan Tool Lasso untuk menyeleksi. Bila sudah terseleksi, tekan Ctrl + J untuk menduplikasi area yang terseleksi tersebut ke layer baru dan tekan Ctrl + U untuk mengubah warna kulit agar tampak kemerahan, atur parameternya, dan klik Ok.
  11. Klik Eraser untuk menghapus gambar/foto sapukan mouse pada area di sekitar pipi dan dagu, ubah nilai Opacity = 50 lalu tekan Ctrl + E untuk menggabungkan dengan layer background.
  12. Klik Burn untuk memberi efek bayangan pada wajah, atur parameter pada bagian Options, sapukan mouse pada garis hidung, garis mata, iris mata, rahang bawah dan sedikit pada bagian tulang pipi, perhatikan perubahannya.
  13. Pilih menu Filter > Liquify, atur parameternya pada Tool Options, klik tombol Forward Warp, sapukan mouse pada bagian alis. Perhatikan perubahnnya.

sumber : wattpad