nyimpan-nyimpan info, biar gak susah nyari lagi,, hehehehe... ^^

6 Juli 2012

Cara membuat file *.exe MATLAB

Berawal dari rasa penasaran bagaimana cara membuat file *.exe dari suatu file *.m MATLAB, maka gua nyoba untuk nyari-nyari referensinya.. Secara, kalo mo nginstal MATLAB, kan butuh ruang penyimpanan yang cukup besar juga,, hehehehe,,. Oke, sekarang lanjut gimana cara bikin tu file *.m biar bisa jadi *.exe.

Misalkan kita punya file *.m yang saling terkait satu sama lain. Gua punya 2 window yang mau gua pake untuk ngejelasin materi ini, pertama namanya window kalkulator, kira-kira tampilannya seperti ini 


 
Kemudian, window induk untuk manggil window di atas kayak gini
 
sederhana banget ya menunya,, hehehe,, gak apa-apa deh, yang penting kan caranya.. J Nah dalam menu pulldown itu kan ada dua fitur tu, "Kalkulator" sama "Trigonometri" (yang trigonometri gak gua bikin, jadi gua mau pake yang kalkulator aja yach).. Jadi di sini, kita mo pake file "tesMenu.m" dan "kalkulator.m". Dengan catatan semua fitur yang mau loe jadiin *.exe emang udah selese menurut loe, karena ketika file udah jadi *.exe, file tersebut gak bisa diutak-atik lagi..

Di MATLAB, buka direktori file yang mau kita pake (biar gak susah-susah lagi nyarinya ntar, hehehehe).
 
trus di command window, ketikkan deploytool  >> enter akan muncul
 
beri namanya, misalkan matematika.prj. Kemudian tentukan lokasi tempat menyimpan proyek tersebut. Penyimpanan di direktori yang sama lebih disarankan. Kemudian pilih Typenya Windows Standalone Application. Klik OK.
Maka pada MATLAB akan muncul satu window baru lagi seperti ini

 
Kemudian geser "tesMenu.m" ke Windows Standalone Application ke bagian "Main File", dan "kalkulator.m" ke bagian "Shared Resources and Helper Files". File yang masuk ke "Main File" adalah file yang pertama/ file induk yang pertama kali dijalankan, sementara bagian "Shared Resources and Helper Files" berisi file-file terkait dari program induk. Jadi misalkan ntar file Kalkulator punya pecahan-pecahan script lain, masuknya juga ke bagian "Shared Resources and Helper Files". Kayak gini ne..

 
Kebetulan, kalkulator yang gua pake, sebagian scriptnya ada di script "latihan23.m" dan "panggilData.m", jadi dua-duanya gua masukin ke "Shared Resources and Helper Files".
Setelah semua scriptnya dimasukkan, klik button "Build"
 
Akan muncul proses berikut
 
tunggu sampai ada pemberitahuan kayak gini
 
trus baru de di "close". Hasilnya terlihat pada bagian direktori, ada tambahan folder "matematika", sesuai dengan nama proyek kita tadi. 
 
Pada " Windows Standalone Application" pilih tab "Package". Kemudian Klik "Add MCR", pilih "Embed the MCR in the package", klik OK.
 
maka akan muncul tambahan data pada package seperti di bawah ini
 
Buka MCRInstaller.exe, akan keluar jendela pilihan bahasa, pilih English, lanjutkan proses meng-install sampai selesai.
Pilih semua elemen pada Package "matematika.exe. readme.txt, dan MCRInstaller", kemudian pilih "Package ", simpan pada direktori yang diinginkan (disarankan pada folder dengan nama yang sama dengan file *.prj) save dengan nama yang telah disediakan, maka akan mucul proses 
 
tunggu hinga proses pempaket-an selesai, kemudian klik close
 
Maka akan muncul beberapa file baru "matematika.exe, matematika_pkg.exe, MCRInstaller.exe".
Klik dua kali pada "matematika_pkg", maka akan muncul command prompt seperti berikut
 
dan batalkan proses penginstalan, karena prosesnya sama dengan penginstalan sebelumnya.
Pilih "matematika.exe", klik dua kali, dan jalankan. Maka hasilnya akan sama dengan seperti kita running menggunakan program MATLAB.


sumber: MATLAB

5 komentar:

  1. apakah? aplikasi .exe nya bisa dijalankan di komputer tanpa terinstal matlab nya?

    BalasHapus
  2. waktu saya coba, bisa sih.. Klo gak salah waktu itu saya pake matlab R2011a.. Tp, ad teman sy yg bikin pake matlab R2008a, katanya sih gak jalan.. Mgkn versi matlab yg digunakan waktu pmbuatan *.exe jg berpengaruh.. Coba anda buka link sumbernya.. Di situ ada penjelasan yg lebih bagus.. :)

    BalasHapus
  3. Gimana cara mengubah menjadi .exe kalo di command window nya gak ada tampilan deploytool?

    BalasHapus
  4. sory baru bls y wanda.. :)
    udh lm gk cek email n blog.. :)
    kayaknya wanda pake matlab versi 2008 ke bawah ya..?
    waktu itu saya juga pernah nyoba pake matlab 2007.. klo di matlab 2007 kayaknya emang script ny blm lengkap y..
    matlab yg saya gunakan utk mmbuat *.exe ny itu matlab 2011.. tapi tmn saya nyoba pake matlab 2008, bisa kok utk bikin .exe, tapi .exe nya malah gak bisa dieksekusi..
    ato klo gak, coba tanya di forum matlab aj.. :)

    BalasHapus
  5. kalau menggunakan versi 2014a kok tdk bisa ya?

    mngkin bisa memberi solusi

    BalasHapus